Resep Tongseng Ayam Sederhana Tanpa Santan Lezat

Resep Tongseng Ayam Sederhana Tanpa Santan

Wah… ibu hari ini mau masak apa lagi ya? Sudah beberapa hari ini sibuk terus jadi sering beli lauk di luar. Jarang masak di rumah. Maklum ibu seorang guru yang bekerja di sekolah. Hari-hari ini ada acara yang cukup padat kebetulan. Dari rapat hingga menjenguk teman satu kantor yang sakit dan kebetulan rumahnya amat jauh. Sehingga terpaksa harus pulang mendekati maghrib terus. Menghadapi kondisi ini sebetulnya pingin sih, bantu bunda tercinta untuk tetap masak di rumah. Tapi, masih bingung pula tentang menu apa yang hendak di pilih. Harus tanya dulu dengan bunda. Jangan sampai nanti gak sesuai. Setelah ibu sampai rumah, langsung saya bertanya. Langsung aja beliau memberi tawaran untuk mengajak memasak bersama di dapur. Menu tongseng ayam yang beliau inginkan. Tapi tak menggunakan santan karena Ayah pastinya gak suka dengan santan itu. Aku kemudian menyiapkan segala peralatan yang mau dipakai. Harus cepat. Sebab, sebentar lagi sudah waktu azan shalat maghrib. Makan malam biasa dilakukan setelah ayah pulang dari shalat di masjid. Segala bumbu dan bahan yang diperlukan segera dikeluarkan dari almari penyimpanan. Kebetulan di kulkas masih ada daging ayam. Pas banget kalau begitu. Kami pun mulai mencoba resep tongseng ayam yang baru kemarin diperoleh.

Bahan yang dibutuhkan :
– 500 gr daging ayam potong
– 250 gr kol, iris
– 10 buah cabai rawit
– 1 buah tomat, potong
– 2 batang bawang daun, potong
– 2 lbr daun jeruk
– 2 lbr daun salam
– 3 butir kemiri, sangrai
– 3 cm lengkuas, memarkan
– 1 batang serai, memarkan
– 1 Liter air
– 3 sdm Kecap Manis
– 3 cm kunyit
– 1 sdt Kaldu Ayam
– garam
– gula pasir
– minyak sayur
– 6 butir bawang merah
– 1 cm jahe
– 4 siung bawang putih
– 1 sdt ketumbar, sangrai
– ½ sdt merica

Cara praktis membuat tongseng ayam sederhana tanpa menggunakan santan :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk hingga berubah warna.
2. Kemudian tambahkan air, masak hingga ayam empuk. Masukkan cabai rawit, Kaldu Ayam, Kecap Manis, garam, dan gula pasir secukupnya. Masak lagi hingga ayam matang dan bumbu meresap.
3. Terakhir, tambahkan kol, tomat , dan daun bawang. Aduk sebentar, angkat. Sekarang sudah siap untuk dihidangkan. Selamat menikmati.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *