Resep Nasi Goreng Jawa Ayam Saus Tiram Lezat

Resep Nasi Goreng Jawa Ayam Saus Tiram Lezat

Menikmati masakan nasi goreng teringat saat dahulu berkumpul bersama keluarga di rumah kakek. Meskipun rumah kakek dan nenek jauh sekali dari kota serta di kaki bukit, tetapi suasana dan udara di sana sangatlah nyaman. Sejuk, dingin, serta ada angin sepoi-sepoi menjadi ciri khasnya. Sehingga tiap lebaran kami sekeluarga tidak pernah absen untuk mudik ke sana. Kegiatan sehari-hari kakek nenek bercocok tanam di tanah sekitar rumah mereka. Masyarakat kampungnya kakek memiliki mata pencaharian sebagai seorang petani sayur mayur. Walaupun daerahnya di dataran tinggi, kebutuhan air penduduknya tidak pernah kurang sama sekali. Baik pada musim kemarau apalagi penghujan. Kesejahteraan pun tidak kalah dari penduduk di dataran rendah yang hidup bertani lahan sawah. Kenangan indah yang tak terlupa yakni hari kedua lebaran saat sarapan pagi. Ibu bingung mau menyajikan menu apa pada pagi itu. Lantas adik usul untuk mempraktekkan resep nasi goreng jawa ayam saus tiram. Ia pernah menyantapnya saat piknik ke Malang Jawa Timur. Dan setelah dicoba ternyata lezat sekali rasanya. Nah, berikut akan kami bagi resepnya kepada para pembaca sekalian.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdm saus tiram
  • 100 gram daging ayam, iris
  • 2 buah cabai merah, irislah
  • merica secukupnya
  • 2 buah cabai hijau, iris
  • 300 gram nasi putih
  • 1 sdm kecap asin
  • Garam seperlunya

Bahan Pelengkap:

  • Telur mata sapi
  • Sambal cabai botol
  • Acar mentimun

Cara membuat nasgor jawa ayam saus tiram nikmat :

  1. Pertama kali kita tumis bawang hingga harum. Kemudian kita masukkan ayam dan bahan yang lainnya. Aduklah hingga rata dan nasi menjadi kering.
  2. Kini sudah siap untuk diangkat dan sajikan dengan pelengkap.

Selamat menikmati. Praktis sekali bukan? Lebih nikmat lagi kalau kita juga berbagi masakan ini kepada orang-orang yang terdekat.

Resep Nasi Rames Ayam Suwir Lezat

Resep Nasi Rames Ayam Suwir

Hampir semua orang sudah tahu dengan yang namanya nasi rames. Sering terdengar di telinga bahkan kita sendiri pun sering membaca tulisan nasi rames di berbagai tempat. Sebuah produk masakan yang sering kita temui di warteg. Bahkan warung-warung selainnya pun menjual nasi rames ini. Ciri khas nasi rames yakni dilihat dari berbagai macam-macam lauk pauk. Ada lauknya yang berupa telur, ikan asin, ayam, teri, tempe, tahu, tomat, sayuran, dan lain-lain. Bisa dibilang ini masakan yang amat komplit. Rasanya pun enak dan cocok sekali dinikmati. Kali ini kita akan membuat nasi rames dengan kreasi ayam suwir. Untuk membuatnya sebetulnya tidaklah sulit. Kita bisa membuat sendiri atau mempraktekkan resep nasi rames di rumah. Mengenai resepnya kita simak berikut ini.

Bahan Nasi Rames:

  • 600 gram nasi putih

Bahan Membuat Ayam Suwir :

  • 2 potong (370 gram) paha ayam atas bawah
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan air asam jawa (dari 1 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air, larutkan)
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 250 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bumbu halusnya:

  • 4 butir kemiri sangrai
  • 3 buah cabai merah besar
  • 1 cm jahe
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih

Bahan menumis buncis:

  • 100 gram wortel, iris korek api halus
  • 3 siung bawang putih, iris
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 5 butir bawang merah, iris
  • 1 sendok makan ebi sangrai, haluskan
  • 1/2 sendok makan air asam jawa (dari 1/2 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air. Semua dilarutkan)
  • 1 lembar daun salam
  • 150 ml air
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok teh garam
  • 100 gram buncis, iris miring halus
  • 2 sendok makan minyak, untuk menumis
  • 1 sendok teh gula merah

Bahan Pelengkap:

  • 4 buah kerupuk udang pilihan

Cara membuat nasi rames ayam suwir :

  1. Pertama kita buat ayam suwir caranya dengan melumuri ayam dengan garam dan air asam jawa.
  2. Lalu tumis bumbu halus, daun salam, dan serai sampai harum. Tambahkan ayamnya tadi. Terus aduklah sampai berubah warnanya.
  3. Selanjutnya kita masukkan santan, gula merah, dan garam. Masaklah sampai meresap.
  4. Berikutnya kita suwir-suwir ayam dan sisihkan bumbunya.
  5. Untuk membuat tumisan buncis maka tumislah ebi, bawang putih, bawang merah, daun salam, dan serai sampai harum. Kemudian masukkan juga buncis dan wortel. Masak sampai menjadi layu.
  6. Kita perlu menambahkan gula merah, garam, gula pasir, air, dan air asam jawa. Aduklah sampai menjadi rata. Lalu kita masak sampai meresap. Angkat dan siap untuk kita sajikan pelengkapnya.

Begitu sederhana dan tidak rumit membuatnya. Kita bisa membuatnya untuk disajikan kepada seluruh anggota keluarga tercinta.

Resep Kue Godok Pisang Mantap

resep kue godok pisang

Kue ini rasanya begitu enak dan pas untuk dihidangkan. Dalam membuatnya juga tidaklah sulit. Asalkan kita tahu resep dari kue godok pisang yang lengkap, tentu tak akan ada kesulitan berarti. Meskipun sedari awal kita bukanlah orang yang suka masak memasak maupun pernah kursus koki misalnya. Ahh , ada yang beranggapan itu cuma penyemangat saja. Buktinya masak apalagi membikin kue tidak juga mudah, kata orang. Nah, dari pada bingung atau masih punya pikiran yang gak gak, sebaiknya kita langsung saja kita lihat uraian pembuatan atau resep kue godok pisang di bawah ini. Jangan sampai terlambat membacanya. Karena, klo udah terlambat nanti praktek membuatnya juga terlambat, hehehe. Di bulan puasa, kue ini bisa menjadi pilihan berbuka yang istimewa. Pun nanti di hari lebaran tiba. Pas pula untuk dijadikan menu sajian di meja tamu. Selamat membacanya.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 8 biji pisang kepok
  • 100 gr gula halus, sesuai kesukaan
  • 1 cawan tepung terigu
  • minyak untuk menggoreng secukupnya
  • 3/4 sendok teh baking soda

Cara membuat kue godok pisang:

  1. Langkah yang pertama, hancurkanlah pisang bersama gula dan baking soda sampai hancur, bisa dihancurin memakai bagian bawah gelas, ini akan lebih cepat.
  2. Selanjutnya, masukkan tepung dan garam halus. Terus kita diamkan dalam waktu sekitar 30 menit.
  3. Penting pula agar adonan hendaknya tidak terlalu lembek.
  4. Terakhir, kita goreng hingga matang dengan api sedang. Jangan lupa cetak seperti tatkala kita membuat bakso sehingga godoknya serupa bentuknya bulat.

Tak sulit kita membuatnya bukan? Yukk kita langsung dicoba di rumah. Langsung bisa kita jadikan menu hidangan istimewa di rumah sendiri. Untuk membuat dalam jumlah banyak, sesuaikan banyakknya takaran bahan yang diperlukan ya. Sukses deh.

Resep Kue Pukis Asli yang Enak

Resep Kue Pukis Asli yang Enak
kue pukis

Asli dan lembut kue pukis menjadi kerinduan kita untuk menikmati si kue basah enak ini. Ada kalanya kita waktu senggang di rumah tidak dipakai untuk apa2. Bagi bunda yang suaminya lima hari kerja tentu hari sabtu dan minggu bisa berkumpul bersama keluarga. Apalagi kini banyak sekolah juga sudah mulai melaksanakan penerapan program 5 hari sekolah. Nah, di hari sabtu oleh pemerintah diharapkan anak usia sekolah lebih dekat bersama keluarganya. Dekat dengan ayah, ibu serta keluarganya yang lain. Inilah moment penting untuk menggunakan hari sabtu sebagai hari keluarga tercinta. Kita bisa mulai dengan membuat acara memasak kue yang sederhana. Yakni dengan bikin kue pukis sederhana. Oke, klo gitu kita cek uraian resep kue pukis berikut ini

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 275 gram tepung terigu
  • 3 butir telur
  • 150 gram gula
  • 1 ½ sendok teh ragi instant
  • 60 ml santan kara (bagus bila langsung dari kelapa)
  • ¼ sendok teh vanili bubuk
  • 350 ml air
  • 50 ml minyak goreng
  • ½ sendok teh soda kue
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat kue basah pukis enak :

  1. Langkah pertama, untuk biangnya,larutkan 50 ml air,25 gram tepung terigu dan ragi instant diamkan kurang lebih 15 menit sampai berbusa.
  2. Panaskan santan kara dengan 350 ml air dan garam sampai mendidih dan dinginkan.
    3.Lantas, di tempat lain mixer telur dan gula hingga mengembang.
    4.Terus Masukan adonan biang ke dalam adonan telur dan gula.
  3. Lalu kita masukan tepung terigu 250 gram,vanili,soda kue dengan santan kara secara begantian sampai habis sambil di mixer dengan kecepatan rendah,lalu tambahkan susu kental manis.
  4. Masukan minyak goreng dan matikan mixer. Tutup adonan dengan kain lap selama 45 menit hingga 1 jam.
  5. Panaskan cetakan dan masukan adonan pukis satu per satu beri toping sesuai selera. Siap untuk kita sajikan sekarang untuk keluarga tercinta.

Selamat mencoba di rumah. Mudah dan sangat menyenangkan dalam mempraktekkan resepnya.

Resep Kue Widaran Keju NCC Renyah Istimewa

Kue Widaran Keju

Berkumpul dengan keluarga adalah saat yang paling merindukan. Bercanda, bersenda gurau, tempat menyampaikan keluh-kesah dan menjadi momen penghilang lelah ditengah kesibukan pekerjaan juga dapat menambah kehangata dalam keluaraga. Tapi kadang momen itu terasa kurang lengkap tanpa adanya sekedar teh ataupun makanan ringan. Kalau bahasanya anak kekinian, “tanpa camilan hidup terasa hampa”. Kalau dalam iklan “ apapun camilannya yang penting momen kumpulnya”.

Saat membicarakan momen kumpul begini, admin pingin bagi cerita nih readers. Suatu sore, kami sekeluarga sedang berkumpul di ruang tengah. Sambil bersenda gurau, tiba-tiba pas buka toples isinya kosong, langsung dah naluri mak-mak keluar. Admin langsung buka kulkas tau aja ada makanan yang langsung bisa dimakan. Tapi ternyata hanya ada keju dan telur yang nongkrong dalam kulkas ditemani sayur mayur. Mau keluar rumah buat beli camilan males karena cuaca hujan. Sambil muter otak mau bikin camilan apa yang mudah, cepet buatnya dan bisa pakai bahan yang terbatas, kaki langsung berjalan ke dapur liad bahan apa aja yang siap di eksekusi . Pas lihat tepung, langsung bernafas lega keinget kue widaran keju. Langsung deh dieksekusi saat itu juga di dapur. Pernah gak sih readers ngalamin kejadian begitu? Mungkin saja pernah. Nah, kita sekarang mau buat langsung aja sendiri dengan mempraktekkan resep kue widaran keju berikut.

Bahan yang diperlukan :
– 350 gr tepung kanji/sagu tani
– 3 butir telur, kocok sebentar menggunakan garpu
– 2 sdm keju chedar parut
– 1/4 sdt garam halus
– minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kue Widaran Keju NCC :
1. Pertama kali, campur tepung kanji, keju parut dan garam. Aduk rata.
2. Masukan telur sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung.
3. Ambil sejumput adonan, bentuk menggunakan kedua telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang. Tampung hasilnya di dalam wajan berisi minyak dingin.
4. Panaskan minyak berisi adonan yang sudah dibentuk. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Simpan dalam stoples/ wadah yang kedap udara. Selesai dan siap untuk dinikmati.

Resep Kupat Tahu Purworejo Enak

Resep Kupat Tahu Purworejo

Kupat tahu rasanya enak dan mantap. Sederhana dalam membuatnya. Cukup kita sediakan beberapa bahan yang sudah kita kenal saban harinya. Hanya memang ada yang mesti kita buat dulu atau kalau gak mau ribet ya beli aja langsung. Misalnya saja lontongnya. Beli tidak masalah. Bahan lainnya kita siapkan untuk memasaknya. Ada taoge, tahu putih, kacang tanah, cabai merah , kecap manis , gula , dll. Bahan pelengkapnya : kerupuk dan bawang merah goreng untuk taburan. Sebenarnya ada resep kupat tahu jogja, magelang, solo dan lainnya. Tapi alangkah baiknya kita coba yang satu ini dahulu

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
1 buah tahu putih, goreng setengah matang
150 gr taoge, rebus
4 bh lontong atau ketupat, potong-potong

Bahan saus Kacang:
Kupat Tahu Purworejo
250 ml air
½ sdt cuka
100 gr kacang tanah goreng, haluskan
2 buah cabai merah
2 siung bawang putih
2 sdm kecap manis
1 sdm gula merah
1 sdt garam

Bahan Pelengkap :
1 sdm bawang merah goreng
2 buah kerupuk udang
1 batang seledri, iris halus

Cara Membuat:
1. Semua bahan saus kacang dihaluskan.
2. Tata diatas piring saji potongan lontong, tahu goreng, dan taoge.
3. Tuang saus kacang di atasnya, taburi dengan daun seledri, bawang merah goreng, dan kerupuk, hidangkan. Sangat mudah dan praktis kan?

Selamat mencoba.

Resep Mie Rebus Padang ala Minangkabau Lezat

Resep Mie Rebus Padang ala Minangkabau

Hari-hari ini begitu sibuk bunda menyiapkan persiapan adik untuk masuk kuliah. Setelah selesai di SMA, adik langsung mendaftar perguruan tinggi ternama di kota Bandung. Alhamdulillah di terima. Kini segala sesuatunya disiapkan. Di sela-sela menyiapkan bekal , peralatan , dan lain-lain. Khususnya untuk masuk pertama. Ada yang dilakukan ibu yaitu menghidangkan masakan lezat. Ibu mempraktekkan resep mie rebus padang khas Minangkabau. Wah , enak dan mantap rasanya. Seperti apa resepnya? Berikut silakan di simak.

Bahan yang dibutuhkan :
70 gram mie telur
1 siung bawang putih diiris
2 sendok makan irisan kol
1/2 sendok makan irisan daun bawang
1/2 sendok makan cabai merah giling
300 ml air
1/2 sendok teh penyedap rasa (optional)
1/2 sendok makan kecap asin
1 sendok makan rendang yang sudah dihaluskan
1/2 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh cuka
2 butir telur ayam
Minyak makan secukupnya

Cara Memasak dan Membuat Mie Rebus Padang Spesial :
1. Pertama, rebus mie dengan air mendidih selama 2-3 menit. Sembari menunggu, tumis bumbu (bawang putih, irisan kol, irisan daun bawang, cabai merah giling dan penyedap rasa) dengan minyak yang telah dipersiapkan.
2. Lalu masukan air kaldu rebusan daging/tulang sapi. Kemudian kocok satu butir telur dan masukkan ke dalam wajan yang dipakai untuk menumis bumbu.
3. Terakhir, masukkan mie yang telah ditiriskan ke dalam wajan dan tunggu hingga mendidih. Sedangkan telur yang satu lagi, sajikan dalam bentuk telur goreng mata sapi. Terakhir sempurnakan kelezatan mie rebus dengan taburan rendang yang telah dihaluskan. Mudah kan?

Resep Tongseng Ayam Sederhana Tanpa Santan Lezat

Resep Tongseng Ayam Sederhana Tanpa Santan

Wah… ibu hari ini mau masak apa lagi ya? Sudah beberapa hari ini sibuk terus jadi sering beli lauk di luar. Jarang masak di rumah. Maklum ibu seorang guru yang bekerja di sekolah. Hari-hari ini ada acara yang cukup padat kebetulan. Dari rapat hingga menjenguk teman satu kantor yang sakit dan kebetulan rumahnya amat jauh. Sehingga terpaksa harus pulang mendekati maghrib terus. Menghadapi kondisi ini sebetulnya pingin sih, bantu bunda tercinta untuk tetap masak di rumah. Tapi, masih bingung pula tentang menu apa yang hendak di pilih. Harus tanya dulu dengan bunda. Jangan sampai nanti gak sesuai. Setelah ibu sampai rumah, langsung saya bertanya. Langsung aja beliau memberi tawaran untuk mengajak memasak bersama di dapur. Menu tongseng ayam yang beliau inginkan. Tapi tak menggunakan santan karena Ayah pastinya gak suka dengan santan itu. Aku kemudian menyiapkan segala peralatan yang mau dipakai. Harus cepat. Sebab, sebentar lagi sudah waktu azan shalat maghrib. Makan malam biasa dilakukan setelah ayah pulang dari shalat di masjid. Segala bumbu dan bahan yang diperlukan segera dikeluarkan dari almari penyimpanan. Kebetulan di kulkas masih ada daging ayam. Pas banget kalau begitu. Kami pun mulai mencoba resep tongseng ayam yang baru kemarin diperoleh.

Bahan yang dibutuhkan :
– 500 gr daging ayam potong
– 250 gr kol, iris
– 10 buah cabai rawit
– 1 buah tomat, potong
– 2 batang bawang daun, potong
– 2 lbr daun jeruk
– 2 lbr daun salam
– 3 butir kemiri, sangrai
– 3 cm lengkuas, memarkan
– 1 batang serai, memarkan
– 1 Liter air
– 3 sdm Kecap Manis
– 3 cm kunyit
– 1 sdt Kaldu Ayam
– garam
– gula pasir
– minyak sayur
– 6 butir bawang merah
– 1 cm jahe
– 4 siung bawang putih
– 1 sdt ketumbar, sangrai
– ½ sdt merica

Cara praktis membuat tongseng ayam sederhana tanpa menggunakan santan :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk hingga berubah warna.
2. Kemudian tambahkan air, masak hingga ayam empuk. Masukkan cabai rawit, Kaldu Ayam, Kecap Manis, garam, dan gula pasir secukupnya. Masak lagi hingga ayam matang dan bumbu meresap.
3. Terakhir, tambahkan kol, tomat , dan daun bawang. Aduk sebentar, angkat. Sekarang sudah siap untuk dihidangkan. Selamat menikmati.

Resep Sayur Asem Bening Jawa Lengkap Sederhana Enak

Resep Sayur Asem Bening Jawa Lengkap Sederhana

Masakan sayur asam bening jawa sederhana enak dan komplit menjadi idola di rumah. Cita rasanya yang khas dan nikmat membuat seluruh anggota keluarga pingin sekali untuk menikmatinya. Bila mau disajikan sebagai menu utama di saat sarapan pagi, siang maupun untuk makan malam. Hmmm…. lezat. Mantap sekali deh. Bahan untuk membuatnya juga amat simpel saja. Yang terpenting aneka bahan sayur dan lainnya yang diperlukan mesti ada. Labu siam, kacang panjang, daun melinjo atau so, semuanya diusahakan kita memilih yang masih segar. Sesuai dengan namanya, kita perlu bahan asem jawa untuk memasaknya. Kuah yang dihasilkan nanti akan ada rasa khas asamnya. Itulah yang membedakannya dengan sayur selainnya. Kacang tanah tidak harus memilih yang masih segar. Juga tak perlu yang muda. Sebaiknya yang sudah tua. Sayur yang populer ini pengolahannya tidak kompleks. Mudah dan praktis saja. Otomatis para pemula dalam hal masakan tidak akan kesulitan melakukannya. Dalam penyajiannya nanti, bagus sekali bila kita santap bersama nasi putih hangat dan ada sambal pedasnya juga. Tambahkan lalapan seperti mentimun dan kemangi. Di hari libur, cocok sekali bila kita coba untuk memasak sayuran sebagai menu pilihan. Baiklah, yukk langsung kita simak resep sayur asem bening spesial.

Bahan yang dibutuhkan :
– 1 buah labu siam
– secukupnya kacang panjang
– 1 buah jagung manis
– secukupnya melinjo
– seperlunya daun melinjo
– secukupnya kacang tanah
– 4 siung, bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 5 buah cabai rawit merah (tidak dipotong namun langsung dicelupkan)
– secukupnya gula
– 1 ruas lengkuas
– seperlunya terasi
– seperlunya asam jawa
– secukupnya garam

Cara Membuat atau Memasak Sayur Asam Jawa Sederhana :
1. Pertama kita potong sayuran lalu cuci bersih.
2. Uleg kasar bawang merah, bawang putih, terasi. Geprek lengkuas.
3. Lalu siapkan air dalam panci dan panaskan, tambahkan bumbu yang sudah diuleg tadi dan cabai, lalu tambahkan jagung, kacang tanah, melinjo sampai setengah matang.
4. Selanjutnya, masukkan labu siam yang dipotong agak besar, kacang panjang, serta asam jawa. Aduklah sebentar kemudian tambahkan sisa sayuran, jangan lupa beri garam dan gula.
5. Terakhir cicipi rasanya, masak hingga matang baru kita angkat dan siap untuk disajikan.

Mudah dan praktis kan ?

Resep Tahu Kecap Homemade Simpel Sederhana ala Bunda

Resep Tahu Kecap Homemade Simpel Sederhana

Kesederhanaan memang luar biasa. Banyak orang yang suka dengan hal-hal sederhana. Kita pun mudah melakukan hal sederhana itu. Bagaimana dengan masakan? Bunda pun punya kiat tersendiri. Tahu yang biasanya digoreng saja saat menyajikannya, kini dibikin bagaimana supaya menjadi istimewa. Masakan homemade kini mencuat di jagad kuliner nusantara. Tahu kecap enak pas untuk kita pilih sebagai menu di rumah. Bahan dasarnya dari tahu saja. Ditambah dengan racikan bumbu yang tepat. Proses memasaknya juga tak lama. Sehingga misal mau dipake untuk sarapan pagi, sangat mungkin saja. Waktu yang dibutuhkan begitu singkat. Bahan lainnya yang penting sekali adalah kecap. Pastikan kita memilih merk yang kita sukai. Tak perlu yang mesti mahal. Biasanya tiap produk kecap memiliki kekhasan masing-masing. Selera diantara kita pun berbeda beda. Sebelum mulai melangkah memasaknya, akan lebih baiki untuk kita baca dahulu resep tahu kecap simpel berikut ini.

Bahan dan bumbu resep :
– 3 buah Tahu putih , masing-masing dibelah berbentuk segitiga (bisa pula bentuk lain)
– 2 siung Bawang putih , diiris
– 5 butir Bawang merah , irislah
– 1 buah Bawang bombay ukurang kecil, iris kasar
– daun bawang 1 batang, potong-potong
– 6 buah Cabe rawit, utuh
– Garam secukupnya
– 1 buah Tomat , belah jadi 4 bagian
– Minyak goreng untuk menumis
– 200 ml Air
– 2 sendok makan Kecap Manis

Cara membuat tahu kecap manis enak homemade :
1. Pertama, siapkan terlebih dahulu semua bahan dan bumbu resep tahu kecap, untuk memudahkan saja. Cucilah tahunya terlebih dahulu.
2. Panaskan minyak kemudaian goreng tahu hingga berkulit, angkat dan sisihkanlah. Kurangi minyak, persiapan menumis. Tumis secara berurut yang dimulai dari bawang putih, bawang merah, bawang bombay hingga tercium aroma harum. Masukkan pula daun bawang, cabe rawit serta tomat, tumis kembali hingga layu atau matang.
3. Selanjutnya, tuangkan air, aduk sejenak lalu biarkan hingga mendidih. Kemudian tahu goreng dimasukkan, tambahkan kecap manis, gula dan garam. Aduk sampai semua merata dan tunggu sebentar hingga matang dan bumbunya telah meresap. Angkatlah.
4. Sekarang sudah siap untuk disajikan. Selamat mencoba.