Resep Membuat Kue Kastengel Keju Istimewa Enaknya

resep kue kastengel

Banyak aneka jenis makanan yang bisa kita sajikan di rumah. Salah satunya ialah kue kastengel keju atau biasa dikenal dengan kue keju saja. Bahan utama yang digunakan untuk membuat kue kastengel keju tentunya adalah tepung terigu yang dicampur dengan berbagai bahan lainnya dan dipanggang. Kue kastengel adalah kue yang memiliki bentuk persegi panjang dan terdapat taburan keju parut di atasnya. Hal ini membuat kue kastengel banyak dilirik dan diminati oleh masyarakat pada umumnya. Kue kastengel keju memiliki cita rasa yang gurih dan renyah yang didapat dari bahan mentega dan taburan keju, hal ini adalah perpaduan rasa yang unik bagi salah satu jenis kue kering. Sehingga klo banyak orang mengemarinya maka wajar sekali lah.

Kita perlu mengetahui resep kue kastengel yang enak ini. Selain itu kue kastengel juga biasanya akan dengan mudah dijumpai ketika dalam suatu perayaan maupun memperingati hari besar tertentu seperti hai raya Idul Fitri, Idul Adha, dan hari raya lainnya. Masyarakat Indonesia atau bahkan negara tetangga sudah dapat dipastikan akan membuat dan menghidangkan kue kastengel untuk para tamu yang akan berkunjung ke rumahnya. Kue kastengel keju ini juga sudah banyak dijual bebas pada toko – toko kue atau pasar di berbagai wilayah. Para pedagang menjual kue kastengel sudah dalam bentuk kemasan dan untuk harganya sangatlah bervariasi tergantung berapa banyak kue yang akan dibeli.

Klo ingin membuat sendiri sebenarnya bisa kok. Tinggal kita praktekkan aja resep kue kastengel keju berikut ini.

Bahan yang diperlukan :

  • 200 gram butter
  • 450 gram tepung terigu, rendah protein
  • 3 butir telur, ambil kuningnya saja
  • 100 gram margarine
  • 200 gram keju edam (ada banyak pilihan), diparut
  • 50 gram susu full cream (bubuk)

Bahan untuk olesan :

  • 1 sendok makan madu, boleh jika tidak
  • 75 grm cheddar keju, diparut
  • 1 butir telur, ambil kuningnya, dikocok

Cara Membuat Kue Kastengel Keju Nikmat :

  1. Yang pertama, kita pakai mixer dengan kecepatan sedang untuk mengocok butter dan margarin sampai tercampur rata.
  2. Masukkan kuning telur yang sudah disiapkan satu persatu, aduk kembali sampai rata.
  3. Kemudian masukkan acampuran tepung terigu dan susu bubuk (terlebih dahulu diayak ya) ke dalam adonan perlahan sambil terus diaduk rata. Selanjutnya, masukkan keju edam parut, aduk hingga rata benar.
  4. Giling adonan dengan tebal tertentu kemudian potong sepanjang 3 centimeter dan lebarnya 1 centimeter.
  5. Simpan adonan di atas loyang yang telah diolesi margarin terlebih dahulu.
  6. Untuk olesan/topping: campurkan bahan olesan, olesi bagian atas adonan selanjutnya taburi dgn parutan keju cheddar diatasnya.
  7. Siapkan oven dengan suhu 160 derjat dan panggang kurang lebih 1/2 jam sampai matang. Bila telah matang, dinginkan kastengel kemudian masukkan ke dalam toples. Sebaiknya pilih toples atau wadah yang kedap udara. Sehingga nanti rasanya tetap istimewa dan renyah.

Dengan banyak membaca resep, maka kita akan bertambah pula wawasan memasak. Jadi menu yang bisa dimasak tidak hanya itu-itu aja. Bertambah variasinya lah. Oke, selamat mencobanya di rumah.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.