Resep Sate Kambing Empuk Tak Bau Asli Solo Lezat

Resep Masakan Sate Kambing Empuk Tak Bau Asli Solo

Tidak lama lagi kita bertemu dengan momen besar yakni hari raya idul adha. Jamak kita ketahui di hari tesebut daging kambing dan sapi amat melimpah. Bagaimana tidak? Hampir tiap masjid dan bahkan banyak pula perorangan yang menyembelih hewan kurban. Dagingnya kemudian dibagikan secara gratis ke khalayak. Tak sedikit daging yang diterima oleh tiap keluarga. Bisa lebih dari 3 bagian. Wahh,,, banyak amat ya ? Bisa lebih dari 5 kilogram lho. Apalagi, klo kita termasuk shohibul kurban. Akan lebih banyak lagi kita bagiannya. Dengan kondisi itu, sekarang munculah aneka ide. Mau diapakan dagingnya? Dimasak rasa apa? Gimana klo kita bikin sate aja daging kambingnya. Mantap sekali, deh. Sebuah kesempatan kita bisa bikin masakan istimewa di rumah. Biasanya kan cukup beli aja. Kalau begitu, kita lihat resep sate kambing yang empuk khas solo berikut.

Bahan yang dibutuhkan :
– 1/2 kg daging kambing serta lemak, potong berbentuk dadu
– 1/2 bh nanas, parut/blender dan peras sarinya
– 1 sdm minyak zaitun
– 4 sdm bumbu kacang (pilihan)
– 5 sdm kecap manis
– secukupnya tusuk sate
– 1 sdm perasan jeruk nipis

Bumbu Kecap :
– secukupnya kecap manis
– 5 siung bawang merah
– 5 buah cabe rawit

Cara Membuat Sate Kambing Empuk Bumbu Kecap
1. Langkah pertama, potong-potong daging kambing berikut lemaknya, potong membentuk dadu. Lalu tusuk potongan daging kambing dengan tusuk sate. Tusuk berselang-seling dengan lemaknya, supaya sate lebih wangi nantinya.
2. Kini, siapkan 2 buah piring, satu untuk air perasan nanas dan yang satunya lagi untuk mencampur bumbu. Masukkan bumbu kacang (opsional), kecap manis, minyak zaitun dan perasan jeruk nipis, aduk sampai rata.
3. Sekarang ambilah sate yang sudah siap dibakar, celupkan ke dalam air perasan nanas kemudian gulingkan di atas bumbu tadi. Bakar sate hingga setengah matang atau hingga bumbu mengering. Angkat sate dan gulingkan lagi diatas bumbu. Bakar lagi hingga matang benar. Usahakan daging tidak terkena api secara langsung yang membakar sebab hal itu akan membuat daging jadi keras. Angkat dan siap untuk dihidangkan bersama bumbu kecapnya juga.

Oh iya, ada beberapa tips supaya daging kambing tidak prengus (berbau) dan tidak alot.
1. Menggunakan Daun Pepaya
Daun pepaya juga efektif untuk membuat daging kambing menjadi tidak alot. caranya daging kambing yang masih ufuh atau belum di tusuk, bungkus dengan daun pepaya selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah cuci bersih daging kambing tersebut.
2. Memakai Tepung Kanji
Setelah daging kambing ditusuk-tusuk, lumuri dengan tepung kanji. Biarkan beberapa waktu, dan kemudian goyangkan agar tepung kanji hilang. Dengan cara ini maka daging kambing menjadi empuk.
3. Menggunakan Air Kelapa
Dengan merendam daging kambing dalam air kelapa, maka daging akan menjadi empuk serta bau prengus akan berkurang sekali.
4. Menggunakan Nanas
Kupaslah buah nanas kemudian di parut. Campur parutan nanas dengan daging kambing. tapi jangan terlalu lama, karena bisa daging kambing malah menjadi hancur.
Nah, semoga bermanfaat dan selamat menikmati hasil bakaran satenya. Untuk jaga kesehatan, baiknya makan sate diiringi dengan potongan buah mentimun ya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *