Resep Kupat Tahu Purworejo Enak

Resep Kupat Tahu Purworejo

Kupat tahu rasanya enak dan mantap. Sederhana dalam membuatnya. Cukup kita sediakan beberapa bahan yang sudah kita kenal saban harinya. Hanya memang ada yang mesti kita buat dulu atau kalau gak mau ribet ya beli aja langsung. Misalnya saja lontongnya. Beli tidak masalah. Bahan lainnya kita siapkan untuk memasaknya. Ada taoge, tahu putih, kacang tanah, cabai merah , kecap manis , gula , dll. Bahan pelengkapnya : kerupuk dan bawang merah goreng untuk taburan. Sebenarnya ada resep kupat tahu jogja, magelang, solo dan lainnya. Tapi alangkah baiknya kita coba yang satu ini dahulu

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
1 buah tahu putih, goreng setengah matang
150 gr taoge, rebus
4 bh lontong atau ketupat, potong-potong

Bahan saus Kacang:
Kupat Tahu Purworejo
250 ml air
½ sdt cuka
100 gr kacang tanah goreng, haluskan
2 buah cabai merah
2 siung bawang putih
2 sdm kecap manis
1 sdm gula merah
1 sdt garam

Bahan Pelengkap :
1 sdm bawang merah goreng
2 buah kerupuk udang
1 batang seledri, iris halus

Cara Membuat:
1. Semua bahan saus kacang dihaluskan.
2. Tata diatas piring saji potongan lontong, tahu goreng, dan taoge.
3. Tuang saus kacang di atasnya, taburi dengan daun seledri, bawang merah goreng, dan kerupuk, hidangkan. Sangat mudah dan praktis kan?

Selamat mencoba.

Resep Mie Rebus Padang ala Minangkabau Lezat

Resep Mie Rebus Padang ala Minangkabau

Hari-hari ini begitu sibuk bunda menyiapkan persiapan adik untuk masuk kuliah. Setelah selesai di SMA, adik langsung mendaftar perguruan tinggi ternama di kota Bandung. Alhamdulillah di terima. Kini segala sesuatunya disiapkan. Di sela-sela menyiapkan bekal , peralatan , dan lain-lain. Khususnya untuk masuk pertama. Ada yang dilakukan ibu yaitu menghidangkan masakan lezat. Ibu mempraktekkan resep mie rebus padang khas Minangkabau. Wah , enak dan mantap rasanya. Seperti apa resepnya? Berikut silakan di simak.

Bahan yang dibutuhkan :
70 gram mie telur
1 siung bawang putih diiris
2 sendok makan irisan kol
1/2 sendok makan irisan daun bawang
1/2 sendok makan cabai merah giling
300 ml air
1/2 sendok teh penyedap rasa (optional)
1/2 sendok makan kecap asin
1 sendok makan rendang yang sudah dihaluskan
1/2 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh cuka
2 butir telur ayam
Minyak makan secukupnya

Cara Memasak dan Membuat Mie Rebus Padang Spesial :
1. Pertama, rebus mie dengan air mendidih selama 2-3 menit. Sembari menunggu, tumis bumbu (bawang putih, irisan kol, irisan daun bawang, cabai merah giling dan penyedap rasa) dengan minyak yang telah dipersiapkan.
2. Lalu masukan air kaldu rebusan daging/tulang sapi. Kemudian kocok satu butir telur dan masukkan ke dalam wajan yang dipakai untuk menumis bumbu.
3. Terakhir, masukkan mie yang telah ditiriskan ke dalam wajan dan tunggu hingga mendidih. Sedangkan telur yang satu lagi, sajikan dalam bentuk telur goreng mata sapi. Terakhir sempurnakan kelezatan mie rebus dengan taburan rendang yang telah dihaluskan. Mudah kan?

Resep Tongseng Ayam Sederhana Tanpa Santan Lezat

Resep Tongseng Ayam Sederhana Tanpa Santan

Wah… ibu hari ini mau masak apa lagi ya? Sudah beberapa hari ini sibuk terus jadi sering beli lauk di luar. Jarang masak di rumah. Maklum ibu seorang guru yang bekerja di sekolah. Hari-hari ini ada acara yang cukup padat kebetulan. Dari rapat hingga menjenguk teman satu kantor yang sakit dan kebetulan rumahnya amat jauh. Sehingga terpaksa harus pulang mendekati maghrib terus. Menghadapi kondisi ini sebetulnya pingin sih, bantu bunda tercinta untuk tetap masak di rumah. Tapi, masih bingung pula tentang menu apa yang hendak di pilih. Harus tanya dulu dengan bunda. Jangan sampai nanti gak sesuai. Setelah ibu sampai rumah, langsung saya bertanya. Langsung aja beliau memberi tawaran untuk mengajak memasak bersama di dapur. Menu tongseng ayam yang beliau inginkan. Tapi tak menggunakan santan karena Ayah pastinya gak suka dengan santan itu. Aku kemudian menyiapkan segala peralatan yang mau dipakai. Harus cepat. Sebab, sebentar lagi sudah waktu azan shalat maghrib. Makan malam biasa dilakukan setelah ayah pulang dari shalat di masjid. Segala bumbu dan bahan yang diperlukan segera dikeluarkan dari almari penyimpanan. Kebetulan di kulkas masih ada daging ayam. Pas banget kalau begitu. Kami pun mulai mencoba resep tongseng ayam yang baru kemarin diperoleh.

Bahan yang dibutuhkan :
– 500 gr daging ayam potong
– 250 gr kol, iris
– 10 buah cabai rawit
– 1 buah tomat, potong
– 2 batang bawang daun, potong
– 2 lbr daun jeruk
– 2 lbr daun salam
– 3 butir kemiri, sangrai
– 3 cm lengkuas, memarkan
– 1 batang serai, memarkan
– 1 Liter air
– 3 sdm Kecap Manis
– 3 cm kunyit
– 1 sdt Kaldu Ayam
– garam
– gula pasir
– minyak sayur
– 6 butir bawang merah
– 1 cm jahe
– 4 siung bawang putih
– 1 sdt ketumbar, sangrai
– ½ sdt merica

Cara praktis membuat tongseng ayam sederhana tanpa menggunakan santan :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk hingga berubah warna.
2. Kemudian tambahkan air, masak hingga ayam empuk. Masukkan cabai rawit, Kaldu Ayam, Kecap Manis, garam, dan gula pasir secukupnya. Masak lagi hingga ayam matang dan bumbu meresap.
3. Terakhir, tambahkan kol, tomat , dan daun bawang. Aduk sebentar, angkat. Sekarang sudah siap untuk dihidangkan. Selamat menikmati.

Resep Sayur Asem Bening Jawa Lengkap Sederhana Enak

Resep Sayur Asem Bening Jawa Lengkap Sederhana

Masakan sayur asam bening jawa sederhana enak dan komplit menjadi idola di rumah. Cita rasanya yang khas dan nikmat membuat seluruh anggota keluarga pingin sekali untuk menikmatinya. Bila mau disajikan sebagai menu utama di saat sarapan pagi, siang maupun untuk makan malam. Hmmm…. lezat. Mantap sekali deh. Bahan untuk membuatnya juga amat simpel saja. Yang terpenting aneka bahan sayur dan lainnya yang diperlukan mesti ada. Labu siam, kacang panjang, daun melinjo atau so, semuanya diusahakan kita memilih yang masih segar. Sesuai dengan namanya, kita perlu bahan asem jawa untuk memasaknya. Kuah yang dihasilkan nanti akan ada rasa khas asamnya. Itulah yang membedakannya dengan sayur selainnya. Kacang tanah tidak harus memilih yang masih segar. Juga tak perlu yang muda. Sebaiknya yang sudah tua. Sayur yang populer ini pengolahannya tidak kompleks. Mudah dan praktis saja. Otomatis para pemula dalam hal masakan tidak akan kesulitan melakukannya. Dalam penyajiannya nanti, bagus sekali bila kita santap bersama nasi putih hangat dan ada sambal pedasnya juga. Tambahkan lalapan seperti mentimun dan kemangi. Di hari libur, cocok sekali bila kita coba untuk memasak sayuran sebagai menu pilihan. Baiklah, yukk langsung kita simak resep sayur asem bening spesial.

Bahan yang dibutuhkan :
– 1 buah labu siam
– secukupnya kacang panjang
– 1 buah jagung manis
– secukupnya melinjo
– seperlunya daun melinjo
– secukupnya kacang tanah
– 4 siung, bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 5 buah cabai rawit merah (tidak dipotong namun langsung dicelupkan)
– secukupnya gula
– 1 ruas lengkuas
– seperlunya terasi
– seperlunya asam jawa
– secukupnya garam

Cara Membuat atau Memasak Sayur Asam Jawa Sederhana :
1. Pertama kita potong sayuran lalu cuci bersih.
2. Uleg kasar bawang merah, bawang putih, terasi. Geprek lengkuas.
3. Lalu siapkan air dalam panci dan panaskan, tambahkan bumbu yang sudah diuleg tadi dan cabai, lalu tambahkan jagung, kacang tanah, melinjo sampai setengah matang.
4. Selanjutnya, masukkan labu siam yang dipotong agak besar, kacang panjang, serta asam jawa. Aduklah sebentar kemudian tambahkan sisa sayuran, jangan lupa beri garam dan gula.
5. Terakhir cicipi rasanya, masak hingga matang baru kita angkat dan siap untuk disajikan.

Mudah dan praktis kan ?

Resep Tahu Kecap Homemade Simpel Sederhana ala Bunda

Resep Tahu Kecap Homemade Simpel Sederhana

Kesederhanaan memang luar biasa. Banyak orang yang suka dengan hal-hal sederhana. Kita pun mudah melakukan hal sederhana itu. Bagaimana dengan masakan? Bunda pun punya kiat tersendiri. Tahu yang biasanya digoreng saja saat menyajikannya, kini dibikin bagaimana supaya menjadi istimewa. Masakan homemade kini mencuat di jagad kuliner nusantara. Tahu kecap enak pas untuk kita pilih sebagai menu di rumah. Bahan dasarnya dari tahu saja. Ditambah dengan racikan bumbu yang tepat. Proses memasaknya juga tak lama. Sehingga misal mau dipake untuk sarapan pagi, sangat mungkin saja. Waktu yang dibutuhkan begitu singkat. Bahan lainnya yang penting sekali adalah kecap. Pastikan kita memilih merk yang kita sukai. Tak perlu yang mesti mahal. Biasanya tiap produk kecap memiliki kekhasan masing-masing. Selera diantara kita pun berbeda beda. Sebelum mulai melangkah memasaknya, akan lebih baiki untuk kita baca dahulu resep tahu kecap simpel berikut ini.

Bahan dan bumbu resep :
– 3 buah Tahu putih , masing-masing dibelah berbentuk segitiga (bisa pula bentuk lain)
– 2 siung Bawang putih , diiris
– 5 butir Bawang merah , irislah
– 1 buah Bawang bombay ukurang kecil, iris kasar
– daun bawang 1 batang, potong-potong
– 6 buah Cabe rawit, utuh
– Garam secukupnya
– 1 buah Tomat , belah jadi 4 bagian
– Minyak goreng untuk menumis
– 200 ml Air
– 2 sendok makan Kecap Manis

Cara membuat tahu kecap manis enak homemade :
1. Pertama, siapkan terlebih dahulu semua bahan dan bumbu resep tahu kecap, untuk memudahkan saja. Cucilah tahunya terlebih dahulu.
2. Panaskan minyak kemudaian goreng tahu hingga berkulit, angkat dan sisihkanlah. Kurangi minyak, persiapan menumis. Tumis secara berurut yang dimulai dari bawang putih, bawang merah, bawang bombay hingga tercium aroma harum. Masukkan pula daun bawang, cabe rawit serta tomat, tumis kembali hingga layu atau matang.
3. Selanjutnya, tuangkan air, aduk sejenak lalu biarkan hingga mendidih. Kemudian tahu goreng dimasukkan, tambahkan kecap manis, gula dan garam. Aduk sampai semua merata dan tunggu sebentar hingga matang dan bumbunya telah meresap. Angkatlah.
4. Sekarang sudah siap untuk disajikan. Selamat mencoba.

Resep Sederhana Tongseng Kambing Tanpa Santan Khas Solo

Resep Spesial Tongseng Kambing Tanpa Santan Khas Solo

Membicarakan masakan tongseng memang gak ada kelarnya. Hampir di seluruh pelosok negeri ini selalu ada yang menyediakan untuk dibeli. Umumnya yang dimasak tongseng ialah daging kambing. Meski tidak sedikit yang menggunakan daging sapi atau ayam bahkan yang lainnya, misalnya saja daging kelinci dan kerbau. Menurut situs ensiklopedia bebas wikipedia, Tongseng merupakan masakan sejenis gulai namun memakai bumbu yang lebih “tajam”. Racikan bumbunya ialah oseng-oseng yang terdiri dari campuran garam, bawang putih, kecap, dan lada. Kemudian di dalam kuahnya ditambahkan beberapa sayuran seperti irisan tomat, kol, dan kubis. Masakan ini dianggap khas asli daerah Solo, Jawa Tengah. Ada kreasi tersendiri dari tongseng, yakni tidak menggunakan santan kelapa pada kuahnya. Memang sekarang banyak orang yang tak suka dengan santan, meskipun diakui bahwa santan menjadikan masakan lebih lezat. Okelah, dengan komposisi bahan dan bumbu serta proses yang memasaknya tepat, akan tetap menghasilkan rasa yang berkualitas dan mampu menggoyang lidah. Apalagi klo bertepatan dengan hari raya idul kurban atau lebaran haji. Pada momen tersebut, jumlah daging kambing begitu melimpah ruah. Tak perlu bingung untuk mau dimasak apa. Iya dijadikan bahan aja untuk resep tongseng kambing tanpa santan istimewa. Selengkapnya silakan teman-teman membacanya berikut ini :

Bahan yang perlu disediakan :
– 1/2 kg daging kambing, iris agak tipis agar lebih mudah empuk
– 1/2 kg kol, dirajang tetapi jangan terlalu tipis tapi juga jangan terlalu tebal.
– 3 buah tomat, piih yang berwarna merah, lalu buang isinya, dan potong bentuk berbentuk dadu.
– 1 liter air putih
– 20 gram kaldu instan kemasan
– Mentega atau Margarin untuk menumis (bisa diganti dengan minyak goreng jika tidak ada)
– 10 sendok makan kecap manis
– 10 sendok makan saus tiram

Bumbu yang harus dihaluskan
– 10 siung bawang putih
– 10-12 biji kemiri yang disangrai terlebih dahulu
– secukupnya garam, merica bubuk dan gula
– Kunyit ukuran sedang sekitar 3 ruas jari telunjuk

Bumbu kasar yang harus disiapkan:
– 75 gram bawang merah, lalu dirajang tipis
– 50 gram jahe, dirajang tipis
– 5 buah cabe merah besar, lambil bijinya, lalu diiris tipis
– 5 batang serai memarkan (hanya ambil bagian putih untuk rasa yang maksimal)
– 5 buah cabai rawit, lalu diiris tipis
– 10 lembar daun jeruk
– Lengkuas ukuran sedang sekitar 2-3 ruas jari telunjuk

Cara membuat Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan Khas Solo:
1. Lelehkan Mentega Secukupnya Kemudian tumis bawang merah yang sudah dirajang tadi hingga layu dan wangi.
2. Kemudian masukkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya, tumis lagi sampai wangi dan berubah warna. Lalu semua sisa bumbu kasar yang ada masukkan, kemudian aduk lagi sampai rata.
3. Masukkan Kecap manis, saus tiram, Tumis lagi sambil masukkan daging kambing sedikit demi sedikit hingga habis lalu tumis hingga daging tadi berubah warna. Kemudian masukkan air putih yang telah disiapkan sebelumnya, lalu masak lagi hingga dirasa tekstur daging telah menjadi empuk.
4. Lalu masukkan kaldu bubuk instan (atau kaldu daging asli), aduk hingga rata, dan masak hingga mendidih.
5. Masukkan tomat merah dan kol yang telah dirajang, kemudian masak hingga sedikit layu, lalu angkat dari atas kompor.

Tips dalam memasak Tongseng Kambing Tanpa Santan Asli Solo :
1. Semakin tipis irisan daging semakin baik, mengingat pendeknya jangka waktu dalam memasak , karena ditakutkan jika terlalu tebal tidak matang dan bumbu tidak meresap.
2. Jika kita suka makanan pedas anda bisa menambahkan cabe sepuasnya. Lalu hilangkan penghilang amis pada daging kambing agar hasilnya lebih enak.
2. Kita bisa menambah air sebanyak- bannyaknya tapi usahakan diimbangi dengan penambahan bumbu juga.

Selamat memasak …

Resep Sate Kambing Empuk Tak Bau Asli Solo Lezat

Resep Masakan Sate Kambing Empuk Tak Bau Asli Solo

Tidak lama lagi kita bertemu dengan momen besar yakni hari raya idul adha. Jamak kita ketahui di hari tesebut daging kambing dan sapi amat melimpah. Bagaimana tidak? Hampir tiap masjid dan bahkan banyak pula perorangan yang menyembelih hewan kurban. Dagingnya kemudian dibagikan secara gratis ke khalayak. Tak sedikit daging yang diterima oleh tiap keluarga. Bisa lebih dari 3 bagian. Wahh,,, banyak amat ya ? Bisa lebih dari 5 kilogram lho. Apalagi, klo kita termasuk shohibul kurban. Akan lebih banyak lagi kita bagiannya. Dengan kondisi itu, sekarang munculah aneka ide. Mau diapakan dagingnya? Dimasak rasa apa? Gimana klo kita bikin sate aja daging kambingnya. Mantap sekali, deh. Sebuah kesempatan kita bisa bikin masakan istimewa di rumah. Biasanya kan cukup beli aja. Kalau begitu, kita lihat resep sate kambing yang empuk khas solo berikut.

Bahan yang dibutuhkan :
– 1/2 kg daging kambing serta lemak, potong berbentuk dadu
– 1/2 bh nanas, parut/blender dan peras sarinya
– 1 sdm minyak zaitun
– 4 sdm bumbu kacang (pilihan)
– 5 sdm kecap manis
– secukupnya tusuk sate
– 1 sdm perasan jeruk nipis

Bumbu Kecap :
– secukupnya kecap manis
– 5 siung bawang merah
– 5 buah cabe rawit

Cara Membuat Sate Kambing Empuk Bumbu Kecap
1. Langkah pertama, potong-potong daging kambing berikut lemaknya, potong membentuk dadu. Lalu tusuk potongan daging kambing dengan tusuk sate. Tusuk berselang-seling dengan lemaknya, supaya sate lebih wangi nantinya.
2. Kini, siapkan 2 buah piring, satu untuk air perasan nanas dan yang satunya lagi untuk mencampur bumbu. Masukkan bumbu kacang (opsional), kecap manis, minyak zaitun dan perasan jeruk nipis, aduk sampai rata.
3. Sekarang ambilah sate yang sudah siap dibakar, celupkan ke dalam air perasan nanas kemudian gulingkan di atas bumbu tadi. Bakar sate hingga setengah matang atau hingga bumbu mengering. Angkat sate dan gulingkan lagi diatas bumbu. Bakar lagi hingga matang benar. Usahakan daging tidak terkena api secara langsung yang membakar sebab hal itu akan membuat daging jadi keras. Angkat dan siap untuk dihidangkan bersama bumbu kecapnya juga.

Oh iya, ada beberapa tips supaya daging kambing tidak prengus (berbau) dan tidak alot.
1. Menggunakan Daun Pepaya
Daun pepaya juga efektif untuk membuat daging kambing menjadi tidak alot. caranya daging kambing yang masih ufuh atau belum di tusuk, bungkus dengan daun pepaya selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah cuci bersih daging kambing tersebut.
2. Memakai Tepung Kanji
Setelah daging kambing ditusuk-tusuk, lumuri dengan tepung kanji. Biarkan beberapa waktu, dan kemudian goyangkan agar tepung kanji hilang. Dengan cara ini maka daging kambing menjadi empuk.
3. Menggunakan Air Kelapa
Dengan merendam daging kambing dalam air kelapa, maka daging akan menjadi empuk serta bau prengus akan berkurang sekali.
4. Menggunakan Nanas
Kupaslah buah nanas kemudian di parut. Campur parutan nanas dengan daging kambing. tapi jangan terlalu lama, karena bisa daging kambing malah menjadi hancur.
Nah, semoga bermanfaat dan selamat menikmati hasil bakaran satenya. Untuk jaga kesehatan, baiknya makan sate diiringi dengan potongan buah mentimun ya.

Resep Mangut Lele Lezat Tanpa Santan

Resep Mangut Lele Lezat Tanpa Santan Lezat

Ikan air tawar kini banyak sekali dijual di pasar. Lele mungkin bisa dibilang rajanya. Mengapa? Menurut pengamatan saya pribadi, tatkala ke pasar ikan, lele termasuk yang banyak dijual dan penjualnya pun juga amat banyak. Para pedagang sayur yang berkeliling di lingkungan rumah kita pun juga membawa jualan ikan lele. Cuma memang hanya sedikit, berbeda dengan kalau di pasar tradisional atau supermarket. Harganya yang cukup murah menjadikan semakin laris manis mereka yang menjualnya. Meskipun ketika hari lebaran atau masa-masa tertentu harganya juga bisa naik. Namun, peningkatannya tak begitu tinggi. Ada satu masakan yang mungkin menjadi favorit para bunda di rumah dengan berbahan dasar lele. Resep mangut lele namanya. Kreasinya cukup banyak sehingga bisa kita pilih salah satunya. Mangut lele tanpa santan bisa jadi sebuah masakan istimewa untuk keluarga tercinta. Memang yang biasa kita temui dalam acara pesta, pengajian pelepasan atau pamitan haji, pernikahan, dan yang lainya, kebanyakan menggunakan santan. Bagi bunda yang mau kreatif dalam memasak, mungkin kita baiknya praktekkan masaknya di dapur sendiri. Tidak ada salahnya mencoba kok. Akan lebih istimewa ternyata. Apa pun masakannya. Kalau dari bunda tentu akan nikmat dan luar biasa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
– 4 ekor lele, ukuran sedang,

Bumbu untuk marinasi;
– 2 buah jeruk lemon
– secukupnya minyak goreng
– 1 sendok teh garam
– 5 gram bubuk ketumbar

Bumbu pelengkap
– 5 buah cabai merah cabe merah (2 diiris serong, 3 buah lagi blender untuk bumbu halus)
– 8 siung bawang merah
– 5 lembar daun jeruk
– 2 batang serai, digeprek
– 150 ml air hangat
– 4 lembar daun salam
– 2 sentimeter jahe, digeprek
– 3 sentimeter lengkuas, digeprek
– 1/2 sendok teh kunyit bubuk
– 3 siung bawang putih
– 1 sendok makan gula merah
– 50 gram multi purpose creamer
– Garam secukupnya
– 1/2 liter air

Cara membuat mangut ikan lele tanpa santan enak sederhana :
1. Pertama, cucilah ikan lele sampai benar-benar bersih, siapkan bumbu- bumbu. Marinasi lele menggunakan minyak, jeruk lemon, garam, ketumbar bubuk selama kurang lebih selama satu jam saja. Oh iya, marinasi itu sebuah proses pengolahan jenis bahan makanan atau proses pembumbuan bahan makanan sebelum dimasak.
2. Kemudian setelah dimarinasi, goreng ikan lele hingga matang. Goreng menggunakan minyak goreng secukupnya. Blender bumbu halus (bawang putih, bawang merah, dan cabe merah). Geprek bahan bumbu yang lainnya.
3. Tumislah semua bumbu hingga harum termasuk cabai yang diiris serong. Lalu tambahkan air dan bubuk multi purpose creamer, tambahkan kunyit bubuk, garam, gula merah, . Icipi rasanya hingga pas sesuai selera.
4. Setelah hampir mendidih, baru masukan ikan lele yang sudah digoreng tadi. Masak hingga air kuah mendidih. Nah, angkat dan sudah siap untuk kita hidangkan sekarang. Mudah dan praktis kan ? Selamat mencoba .

Resep Membuat Oreo Goreng Keju Enak

Resep Oreo Goreng Keju Enak

Kini makanan oreo menjadi favorit berbagai kalangan. Tak hanya anak muda saja, para orang tua pun mulai menyukai. Oreo goreng keju dipakai sebagai camilan harian di ruang tamu kita. Sembari menonton dengan asyiknya laga pertandingan sepak bola yang kebetulan sekarang sedang marak piala dunia 2018. Para pemain bintang bola dari seluruh dunia tampil di ajang sepak bola paling bergengsi tersebut. Jam tayang dari setiap pertandingan hampir di malam hari. Bahkan ada yang sampai larut malam atau dini hari. Tentu bila kita mau menontonnya bersama teman-teman perlu adanya camilan yang enak. Oreo goreng keju kayaknya pilihan yang cocok. Membuat oreo sendiri kini tidaklah sulit. Bahkan makanan cemilan sederhana renyah ini tidak butuh bahan yang terlalu banyak ragamnya. Mayoritas sudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari bunda di dapur. Baiklah, kita cek aja resep oreo goreng keju istimewa enaknya ini.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah
– 1 cangkir susu cair
– secukupnya garam
– 1 sdt baking powder
– secukupnya oreo biskuit
– 2/3 sendok makan gula bubuk
– seperlunya Keju parut
– 125 gr tepung terigu
– 3 sdm mentega cair
– 1 butir telur

Cara dan Langkah Tahapan Membuat Oreo Goreng Keju :
1. Pertama, sebelum memasak sebaiknya oreonya disimpan di dalam frezer kulkas selama 3 jam. Setelah itu, kita campurkan seluruh bahan seperti, garam , tepung terigu , gula halus , telur , susu , baking powder. Semua itu aduklah hingga rata .
2. Jika adonan sudah kental dan rata. Tapi diusahakan adonan sekental mungkin, tidak disarankan terlalu encer. Terus masukan mentega cair, aduk lagi sampe merata.
3. Kemudian panaskan minyak goreng, lalu celupkan oreo ke adonan tadi satu per satu. Sebaiknya tidak sampai lengket satu sama yang lainnya.
4. Gorenglah sampai warnanya kuning keemasan. Lalu dinginkan kemudian taburilah dengan keju parut. Sekarang sudah siap untuk kita sajikan di rumah. Selamat mencobanya.

Resep Sederhana Bakso Goreng Mekar Pilihan Keluarga

Resep Bakso Goreng Mekar

Tidak ada referensi yang jelas tentang awal adanya bakso di nusantara. Namun, kini sudah menjadi masakan yang merajai kuliner di seantero Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh untuk membuktikan hal ini. Silakan teman-teman keluar rumah. Pastinya akan menemukan penjaja bakso. Ada kreasi masakan bakso yang kini terkenal di kalangan anak-anak sampai orang dewasa. Bakso yang digoreng namanya. Basreng = bakso goreng. Tidak sedikit para penjual di pinggiran jalan yang laris manis. Tidak sampai sehari sudah habis dibeli. Sesuai dengan namanya, bakso ini untuk mematangkannya dengan digoreng. Sebagai bahan dasarnya adalah tepung kanji, daging ayam yang sudah diblender, tepung terigu, telur ayam, dan lain-lain. Bumbu pun perlu kita buat dengan sebaik mungkin sehingga rasanya nanti benar-benar lezat. Dalam proses pembuatannya pun tidaklah sulit. Cukup sederhana saja. Dengan kita bisa membuatnya sendiri, anak-anak yang biasa suka jajan bakso, bisa kita sediakan di rumah. Sehingga lebih aman dari segi bahan makanan. Bunda tentu sangat memperhatikan hal itu.

Bahan-Bahan yang kita perlukan :
– 200 gr tepung tapioka / kanji
– 2 sdm tepung bumbu
– 2 butir telur
– 2 sdm tepung terigu
– 100 gr daging ayam giling (blender)
– 4 butir bawang merah
– 3 butir bawang putih
– 1 sdt merica bubuk
– 2 sdt garam halus
– 1/2 sdt baking powder

Langkah-Langkah Cara Membuat Basreng Mekar Enak :
1. Pertama kali, kita haluskan bawang merah,bawang putih, merica,dan garam kemudian campurkan ke dalam daging giling dan telur.
2. Kemudian campur dengan tepung tapioka, baking powder, tepung bumbu, dan terigu diuleni sampai tercampur rata dan kalis. Terus bentuk adonan menggunakan dua sendok ,ukuran sesuai selera.lakukan hingga adonan sudah terbentuk semua
3. Selanjutnya goreng adonan bakso yang sudah dibentuk dengan minyak goreng yang banyak supaya bulatan terendam,masak menggunakan api kecil supaya matang sampai ke dalam. Angkat pabila bakso sudah mulai mengapung dan merekah tandannya bakso sudah matang. Siap untuk kita sajikan sekarang. Praktis dan mudah sekali kan? Selamat mencoba resep bakso goreng enak.