Resep Sayur Asem Bening Jawa Lengkap Sederhana Enak

Resep Sayur Asem Bening Jawa Lengkap Sederhana

Masakan sayur asam bening jawa sederhana enak dan komplit menjadi idola di rumah. Cita rasanya yang khas dan nikmat membuat seluruh anggota keluarga pingin sekali untuk menikmatinya. Bila mau disajikan sebagai menu utama di saat sarapan pagi, siang maupun untuk makan malam. Hmmm…. lezat. Mantap sekali deh. Bahan untuk membuatnya juga amat simpel saja. Yang terpenting aneka bahan sayur dan lainnya yang diperlukan mesti ada. Labu siam, kacang panjang, daun melinjo atau so, semuanya diusahakan kita memilih yang masih segar. Sesuai dengan namanya, kita perlu bahan asem jawa untuk memasaknya. Kuah yang dihasilkan nanti akan ada rasa khas asamnya. Itulah yang membedakannya dengan sayur selainnya. Kacang tanah tidak harus memilih yang masih segar. Juga tak perlu yang muda. Sebaiknya yang sudah tua. Sayur yang populer ini pengolahannya tidak kompleks. Mudah dan praktis saja. Otomatis para pemula dalam hal masakan tidak akan kesulitan melakukannya. Dalam penyajiannya nanti, bagus sekali bila kita santap bersama nasi putih hangat dan ada sambal pedasnya juga. Tambahkan lalapan seperti mentimun dan kemangi. Di hari libur, cocok sekali bila kita coba untuk memasak sayuran sebagai menu pilihan. Baiklah, yukk langsung kita simak resep sayur asem bening spesial.

Bahan yang dibutuhkan :
– 1 buah labu siam
– secukupnya kacang panjang
– 1 buah jagung manis
– secukupnya melinjo
– seperlunya daun melinjo
– secukupnya kacang tanah
– 4 siung, bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 5 buah cabai rawit merah (tidak dipotong namun langsung dicelupkan)
– secukupnya gula
– 1 ruas lengkuas
– seperlunya terasi
– seperlunya asam jawa
– secukupnya garam

Cara Membuat atau Memasak Sayur Asam Jawa Sederhana :
1. Pertama kita potong sayuran lalu cuci bersih.
2. Uleg kasar bawang merah, bawang putih, terasi. Geprek lengkuas.
3. Lalu siapkan air dalam panci dan panaskan, tambahkan bumbu yang sudah diuleg tadi dan cabai, lalu tambahkan jagung, kacang tanah, melinjo sampai setengah matang.
4. Selanjutnya, masukkan labu siam yang dipotong agak besar, kacang panjang, serta asam jawa. Aduklah sebentar kemudian tambahkan sisa sayuran, jangan lupa beri garam dan gula.
5. Terakhir cicipi rasanya, masak hingga matang baru kita angkat dan siap untuk disajikan.

Mudah dan praktis kan ?

Facebook Comments

Leave a Reply