Resep Mangut Lele Lezat Tanpa Santan

Resep Mangut Lele Lezat Tanpa Santan Lezat

Ikan air tawar kini banyak sekali dijual di pasar. Lele mungkin bisa dibilang rajanya. Mengapa? Menurut pengamatan saya pribadi, tatkala ke pasar ikan, lele termasuk yang banyak dijual dan penjualnya pun juga amat banyak. Para pedagang sayur yang berkeliling di lingkungan rumah kita pun juga membawa jualan ikan lele. Cuma memang hanya sedikit, berbeda dengan kalau di pasar tradisional atau supermarket. Harganya yang cukup murah menjadikan semakin laris manis mereka yang menjualnya. Meskipun ketika hari lebaran atau masa-masa tertentu harganya juga bisa naik. Namun, peningkatannya tak begitu tinggi. Ada satu masakan yang mungkin menjadi favorit para bunda di rumah dengan berbahan dasar lele. Resep mangut lele namanya. Kreasinya cukup banyak sehingga bisa kita pilih salah satunya. Mangut lele tanpa santan bisa jadi sebuah masakan istimewa untuk keluarga tercinta. Memang yang biasa kita temui dalam acara pesta, pengajian pelepasan atau pamitan haji, pernikahan, dan yang lainya, kebanyakan menggunakan santan. Bagi bunda yang mau kreatif dalam memasak, mungkin kita baiknya praktekkan masaknya di dapur sendiri. Tidak ada salahnya mencoba kok. Akan lebih istimewa ternyata. Apa pun masakannya. Kalau dari bunda tentu akan nikmat dan luar biasa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
– 4 ekor lele, ukuran sedang,

Bumbu untuk marinasi;
– 2 buah jeruk lemon
– secukupnya minyak goreng
– 1 sendok teh garam
– 5 gram bubuk ketumbar

Bumbu pelengkap
– 5 buah cabai merah cabe merah (2 diiris serong, 3 buah lagi blender untuk bumbu halus)
– 8 siung bawang merah
– 5 lembar daun jeruk
– 2 batang serai, digeprek
– 150 ml air hangat
– 4 lembar daun salam
– 2 sentimeter jahe, digeprek
– 3 sentimeter lengkuas, digeprek
– 1/2 sendok teh kunyit bubuk
– 3 siung bawang putih
– 1 sendok makan gula merah
– 50 gram multi purpose creamer
– Garam secukupnya
– 1/2 liter air

Cara membuat mangut ikan lele tanpa santan enak sederhana :
1. Pertama, cucilah ikan lele sampai benar-benar bersih, siapkan bumbu- bumbu. Marinasi lele menggunakan minyak, jeruk lemon, garam, ketumbar bubuk selama kurang lebih selama satu jam saja. Oh iya, marinasi itu sebuah proses pengolahan jenis bahan makanan atau proses pembumbuan bahan makanan sebelum dimasak.
2. Kemudian setelah dimarinasi, goreng ikan lele hingga matang. Goreng menggunakan minyak goreng secukupnya. Blender bumbu halus (bawang putih, bawang merah, dan cabe merah). Geprek bahan bumbu yang lainnya.
3. Tumislah semua bumbu hingga harum termasuk cabai yang diiris serong. Lalu tambahkan air dan bubuk multi purpose creamer, tambahkan kunyit bubuk, garam, gula merah, . Icipi rasanya hingga pas sesuai selera.
4. Setelah hampir mendidih, baru masukan ikan lele yang sudah digoreng tadi. Masak hingga air kuah mendidih. Nah, angkat dan sudah siap untuk kita hidangkan sekarang. Mudah dan praktis kan ? Selamat mencoba .

Facebook Comments

Leave a Reply